Rabu, 20 Januari 2010

MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI

Rancangan Media Pembelajaran Geografi


National Education Associaton (1969), mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras dan lunak, yang dapat digunakan sebagai sarana penyampai pesan dalam proses pembelajaran.
Dari pengertian media pembelajaran tersebut, dapat dilihat bahwa media pembelajaran merupakan salah satu sarana yang berperan penting dalam proses belajar-mengajar. Penggunaan media pembelajaran yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang berlaku, dapat mempermudah guru menyampaikan pesan pembelajarannya kepada siswa, sementara siswa juga akan lebih mudah menangkap dan menerima pesan pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
Agar hal tersebut dapat terwujud, maka diperlukan adanya pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan yang memadai bagi seorang guru yang akan menggunakan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajarannya disekolah.
Pada bidang keilmuan Geografi adanya media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami sangatlah penting, karena selama ini mata pelajaran geografi termasuk salah satu pelajaran yang tidak diminati siswa, sebab penyampaian materinya membosankan dan tidak menarik, sehingga siswa merasa kesulitan dalam memahami isi materi yang terkandung. Oleh sebab itu, sebagai calon guru geografi, yang saat ini sedang menempuh mata kuliah pengembangan media pembelajaran geografi, saya akan mencoba merancang media pembelajaran yang akan saya pelajari dalam perkuliahan ini, sehingga kelak diharapkan dengan bekal pengetahuan dan keterampialan yang didapat dari perkuliahan ini, membantu tugas saya, dalam menyampaikan materi pembelajaran geografi dengan baik dan benar keada siswa.
Berikut ini, beberapa rencana media pembelajaran yang akan saya coba pelajari dalam perkuiahan ini:  
1.      Program animasi
Melalui program animasi seperti, flash mx, dan swish mx diharapkan dapat tercipta sebuah media pembelajaran geografi yang bagus, menarik, dan mudah dipelajari oleh siswa.
Pada pembelajaran geografi, media animasi dapat mempermudah siswa dalam memahami materi geografi fisik seperti msalnya, siklus hdrologi, pergerakan lempeng tektonik, tipe letusan gunung berapi, dll.
Saya tertarik dengan program animasi tersebut, karena saya ingin lebih mendalami program animasi yang belum pernah saya pelajari sebelumnya sebab, selama ini biasanya program animasi yang dipelajari dalam perkuliahan hanya power point saja.

2.      Desain grafis
Program desain grafis yang saya ingin pelajari dalam perkuliahan ini adalah, photoshop dan coreldraw, karena dengan menggunakan kedua program tersebut dapat diciptakan media pembelajaran berupa poster, buku serta komik, yang menarik dan menggugah siswa untuk gemar mebaca dan belajar, khususnya mengenai materi pembelajaran yang disampaiakan oleh guru.

3.      Moviemaker
Moviemaker merupakan program yang digunakan untuk membuat video atau film sederhana. Dengan menggunakan program ini diharapkan dapat tercipta sebuah media pembelajaran, gabungan antara animasi dan desain grafis, yang mampu mendongkrak pemahaman siswa mengenai materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru, sehingga tujuan dari kegiatan belajar dapat tercapai secara maksima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar